Thursday, 15 January 2015

Perbedaan antara Server Side Includes (SSI) dan Secured Socket Layer (SSL)



SSI Server Side Includes. Perintah yang bisa disertakan dalam HTML, kemudian diproses oleh webserver saat diakses oleh pengunjung. Format perintahnya adalah <!--#include virtual="/lokasi/file"-->.

SSI umumnya digunakan untuk memasukkan menu yang digunakan di sebuah situs yang biasanya seragam di seluruh  halaman  dalam  situs  tersebut,  sehingga  hanya  diperlukan  sekali membuat menu itu saja dalam sebuah file, tidak di keseluruhan file yang ingin berisi menu itu.

Sedangkan SSL atau  Secured Socket Layer, adalah protokol untuk mengirimkan data yang di- enkrip (disamarkan), dengan komunikasi terotentikasi, lewat internet. Pertama kali  dirancang  oleh  Netscape  Communication. Kebanyakan  digunakan  dalam komunikasi antara web browser dan server. URL yang dimulai dengan "https://" menunjukkan bahwa halaman tersebut disajikan dengan jenis koneksi aman ini.
SSL menyediakan 3 (tiga) hal penting: Privasi, Otentikasi dan Integritas Pesan.

Pada jenis koneksi ini, masing-masing bagian yag berkomunikasi (misalnya browser dan server) harus mempunyai Sertifikat Keamanan (Security Certificate) dan saling mengirimkannya. Masing-masing bagian itu kemudian meng-enkrip (meyandikan) apa yang dikirim dengan informasi yang ada dalam sertifikat itu dan sertifikat pasangannya, memastikan bahwa hanya penerima yang diinginkan saja yang bisa membaca pesan tersandi (di-enkrip) itu, dan dikirim dari lokasi yang  memang  seharusnya dan isi pesan  yang  dikirim tidak  diubah.

Dengan keamanan seperti ini, SSL banyak digunakan pada situs komersial untuk menjalankan transaksi lewat internet atau situs yang mengirim data sensitif.

Perbedaan antara Server Side Includes (SSI) dan Secured Socket Layer (SSL) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pengembara Ilmu

2 comments:

  1. masih belum mengerti ... hehe .. ssl dengan enkripsi ssi ?

    ReplyDelete
  2. maksud saya kalo ssl dengan enkipsi ... nah kalo ssi itu bgaimna .. itu yng saya belum memahami dengan baik

    ReplyDelete